cover edisi pertama

cover edisi pertama

Sabtu, 27 November 2010

Batik

Batik berdasarkan media yang dipakai ada dua, yaitu batik kayu dan batik kain. Di daerah Bayat inilah terdapat pengrajin kedua batik itu. RAKA BATIK merupakan pabrik batik kayu yang terletak di desa Karang Gumuk, Jarum, Bayat. Pemilik pabrik ini adalah Bapak Agus Indarto. Pak Agus Indarto membuat berbagai macam kerajinan batik dengan media kayu. Beberapa produknya seperti patung, topeng, vas bunga, pigura, dan beberapa peralatan makan, dengan desain menarik yang menggunakan desain – desain batik. Untuk membuat kerajinan batik ini Pak Agus menggunakan kayu sengon laut.
Lalu bagaimana proses pembuatannya?
Untuk proses membatik diawali dari pembuatan desain batik pada bahan bakunya. Setelah proses desain pada bahan baku kayu dengan menggunakan pensil, kemudian menuju proses pembatikan, yang menggunakan bahan baku malam. Dalam menggunakan malam, harus dalam keadaan cair, yaitu dengan cara memanaskannya dalam wajan dan malam siap digunakan. Untuk pengambilan malam tersebut biasanya menggunakan alat yang disebut canting. Untuk proses pewarnaan batik kayu ini, bahan yang digunakan adalah zat warna naptol dan zat warna indogosol. Pada saat proses pewarnaan dengan mengunakan zat naptol tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung karena warna akan pudar, sebaliknya zat warna indogosol membutuhkan sinar matahari untuk menimbulkan warnanya, kemudian untuk menetapkan warnanya menggunakan larutan HCl, dengan cara dicelupkan. Dengan selesainya tahap ini pewarnaan bisa dibilang selesai. Proses ini bisa diulang untuk mendapatkan kombinasi warna tertentu.
Untuk proses selanjutnya dilakukan pengeringan dengan dijemur di tempat terbuka. Kemudian dilanjutkan proses pelorotan malam mengunakan cairan HCl, soda kostik, turkish red oil dan soda abu untuk menguatkan warna. Selesai tahap ini batik kayu dicuci mengunakan air bersih untuk menghilangkan larutan Hcl dan sisa-sisa kotoran, yang selanjutnya dijemur hingga kering. Finishing pada kerajinan batik kayu mengunakan bahan aqua laker. Sedangkan untuk bahan yang fungsional seperti mangkok, piring atau sendok menggunakan bahan khusus yang aman untuk kesehatan. NARDHO BATIK adalah pabrik batik kain yang terletak di desa Jarum kecamatan Bayat. Pemiliknya adalah Bapak Budi dan Ibu Marsita. Dalam pembuatan batik kain ini, alat, dan bahan yang diperlukan hampir sama dengan batik kayu bahkan proses pembuatannya juga mirip. Hanya saja medianya adalah kain. Ada berbagai macam motif batik yang ada, salah satunya adalah corak sekar jagad, yaitu dalam satu potong kain terdapat berbagai macam gambaran. Dulu corak sekar jagad ini hanya digunakan di kain panjang saja, akan tetapi sekarang sudah dikembangkan lagi yaitu bisa digunakan di baju, kaos dan lain-lain. Nardho Batik memproduksi berbagai jenis barang, antara lain baju, sarung bantal, kaos, daster, celana, bed caver, spray dan sutra. Harga sutra bisa mencapai 5 juta untuk satu potong.
Nah…..itu tadi sekilas about batik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar